Kepala Pengawasan Bank OJK Lampung, Kaswadi (kanan), Kepala Manajemen Pemasaran BTPN Wow!, Muhammad Reza Rizal (tengah), dan Wapemred Koran Sindo, Masirom, dalam acara sosialisasi Laku Pandai Bank BTPN di Kafe De Arte, Bandarlampung, Kamis (26/5/2016).
BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com -- Koran Sindo bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menggelar diskusi bertema Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua, di Kafe De Arte, Bandarlampung Kamis (26/5).

Laku Pandai merupakan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)pada akhir Maret 2015.

Hadir sebagai pembicara Kepala Pengawasan Bank OJK Lampung Kaswadi dan  Sales Management Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal.

Survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan, hanya 36% jumlah orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di bank. Laku Pandai merupakansebuah terobosan dari OJK bagi industri perbankan untukmenjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Dalam program Laku Pandai, bank akan menunjuk agen di berbagai daerah. Agen dapatberbentukwarungmaupunagen penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas ke berbagai daerah terpencil.

Dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow!, layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

BTPN Wow! lahir dari proses panjang. Diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba branchless banking yang digagas oleh Bank Indonesia pada 2013, hal ini merupakan langkah yang sangat penting karena dalam proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank.

 “Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini. Fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, kami yakini menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai,” tutur Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal.

Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank serta produk perbankan lainnya seperti transfer, membeli pulsa dan membayar tagihan dengan biaya yang sangat murah.

Teknologi yang digunakan juga disesuaikan dengan target nasabahnya, yaitu menggunakan USSD atau Unstructured Supplementary Services Data. Teknologi ini memungkinkan segala jenis telepon seluler (ponsel)berbasis GSM (tidak harus smartphone) untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimal.

Reza mengatakan, target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan ponsel serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

Adapun agen  dapat berbentuk badan hukum maupun individual, yang diseleksi berdasarkan kriteria tertentu seperti rekam jejak berbisnis, reputasi, lokasi, maupun kemampuan dan pengetahuan dari calon agen.Untuk memperluas jangkauankemasyarakat, BTPN Wow! terus memperluascakupanagennya.

“Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia,” ujar Reza.

BTPN Wow! Bermitra strategis denganTelkomsel, Indosat dan XL, sehingga pelanggan ketiga operator tersebut dapat membuka rekening BTPN Wow! dengan mendaftarkan nomor ponselnya sebagai nomor rekening.

BTPN Wow! Juga mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai pihak. Salah satunya bekerjasama dengan produk Money Telkomsel TCASH,  untuk mengembangkan layanan  keuangan terhubung  antaraTCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama.Interkonektivitas kedua produk menjadikan layanan  TCASH – BTPN Wow! lebih lengkap.

Untuk lebih dikenal masyarakat, saat ini BTPN Wow! Juga menjadi sponsor Torabika Soccer Championship 2016. Semangat dan kerja keras yang dikenal dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola,sejalan dengan nilai-nilaiBTPN Wow!


Di BTPN Wow! nasabah dapat menabung setiap keping rupiah, karena kami percaya di balik setiap keping itu terdapat beragam cerita dan perjuangan. Perjuangan yang didasari kerja keras. Kerja keras yang didorong semangat. Semangat yang muncul dari keinginan memberikan yang terbaik bagi orang-orang terkasih,” kata Reza.

Rls

BTPN Wow! Dorong Perluasan Akses Keuangan Hingga Daerah Terpencil

Kepala Pengawasan Bank OJK Lampung, Kaswadi (kanan), Kepala Manajemen Pemasaran BTPN Wow!, Muhammad Reza Rizal (tengah), dan Wapemred Koran Sindo, Masirom, dalam acara sosialisasi Laku Pandai Bank BTPN di Kafe De Arte, Bandarlampung, Kamis (26/5/2016).
BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com -- Koran Sindo bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menggelar diskusi bertema Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua, di Kafe De Arte, Bandarlampung Kamis (26/5).

Laku Pandai merupakan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)pada akhir Maret 2015.

Hadir sebagai pembicara Kepala Pengawasan Bank OJK Lampung Kaswadi dan  Sales Management Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal.

Survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan, hanya 36% jumlah orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di bank. Laku Pandai merupakansebuah terobosan dari OJK bagi industri perbankan untukmenjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Dalam program Laku Pandai, bank akan menunjuk agen di berbagai daerah. Agen dapatberbentukwarungmaupunagen penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas ke berbagai daerah terpencil.

Dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow!, layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

BTPN Wow! lahir dari proses panjang. Diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba branchless banking yang digagas oleh Bank Indonesia pada 2013, hal ini merupakan langkah yang sangat penting karena dalam proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank.

 “Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini. Fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, kami yakini menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai,” tutur Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal.

Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank serta produk perbankan lainnya seperti transfer, membeli pulsa dan membayar tagihan dengan biaya yang sangat murah.

Teknologi yang digunakan juga disesuaikan dengan target nasabahnya, yaitu menggunakan USSD atau Unstructured Supplementary Services Data. Teknologi ini memungkinkan segala jenis telepon seluler (ponsel)berbasis GSM (tidak harus smartphone) untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimal.

Reza mengatakan, target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan ponsel serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

Adapun agen  dapat berbentuk badan hukum maupun individual, yang diseleksi berdasarkan kriteria tertentu seperti rekam jejak berbisnis, reputasi, lokasi, maupun kemampuan dan pengetahuan dari calon agen.Untuk memperluas jangkauankemasyarakat, BTPN Wow! terus memperluascakupanagennya.

“Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia,” ujar Reza.

BTPN Wow! Bermitra strategis denganTelkomsel, Indosat dan XL, sehingga pelanggan ketiga operator tersebut dapat membuka rekening BTPN Wow! dengan mendaftarkan nomor ponselnya sebagai nomor rekening.

BTPN Wow! Juga mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai pihak. Salah satunya bekerjasama dengan produk Money Telkomsel TCASH,  untuk mengembangkan layanan  keuangan terhubung  antaraTCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama.Interkonektivitas kedua produk menjadikan layanan  TCASH – BTPN Wow! lebih lengkap.

Untuk lebih dikenal masyarakat, saat ini BTPN Wow! Juga menjadi sponsor Torabika Soccer Championship 2016. Semangat dan kerja keras yang dikenal dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola,sejalan dengan nilai-nilaiBTPN Wow!


Di BTPN Wow! nasabah dapat menabung setiap keping rupiah, karena kami percaya di balik setiap keping itu terdapat beragam cerita dan perjuangan. Perjuangan yang didasari kerja keras. Kerja keras yang didorong semangat. Semangat yang muncul dari keinginan memberikan yang terbaik bagi orang-orang terkasih,” kata Reza.

Rls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar